F.A.Q.

Perlu kamu ketahui

Kami punya jawabannya disini.

Apakah Marriage Encounter (ME) itu ?

Marriage Encounter adalah suatu kegiatan positif dan pengalaman pribadi pasangan suami istri (pasutri) yang mempelajari:
  • Teknik berkomunikasi atas dasar cinta kasih.
  • Masing-masing pasutri diberi kesempatan untuk melihat lebih dalam pribadi pasangan anda terhadap diri anda, orang lain, dan Tuhan.
  • Memberi motivasi untuk memperbaiki hubungan dan kehidupan sebagai pasangan suami istri.
  • Merupakan saat yang tepat untuk berbagi perasaan, harapan, kekhawatiran, keputusan bahkan kebahagiaan dan merancang masa depan yang lebih baik bersama-sama.

Untuk siapakah program ME ini ?

Program ME diperuntukkan bagi pasangan suami istri dan yang ingin meningkatkan kualitas hubungan dalam kehidupan mereka.
WeekEnd ME dirancang untuk memperluas dan mendalami arti sebuah kebahagiaan sebagai pasangan suami istri dan sebagai orangtua.
Untuk Imam dan Bruder/ Suster yang ingin meningkatkan relasi mereka dengan umatnya/ komunitasnya dan mengembangkan apresiasi terhadap keteguhan mereka lebih mendalam, untuk tetap setia mengemban panggilan Tuhan.

Apa saja yang dilakukan dalam sebuah Weekend ME ?

Suasana dalam WeekEnd ME diciptakan agar pasutri lebih memfokuskan perhatiannya terhadap pasangannya.
Team memberikan beberapa presentasi.
Setiap presentasi memberikan kesempatan kepada pasutri untuk melihat diri sendiri dan pasangannya sebagai individu dan hubungan mereka terhadap orang lain serta hubungan mereka terhadap Tuhan.
Setiap presentasi memberikan bukti dan alat yang dapat menjadikan kehidupan perkawinan menjadi lebih baik.
Team pemberi presentasi akan membantu memperluas dan memperdalam kualitas hubungan suami/istri dengan pasangan masing-masing.

Apakah peserta Weekend ME harus Katolik ?

Tidak, namun demikian WeekEnd ME dipersembahan oleh tiga pasutri dan seorang imam dengan tata cara agama Katolik. Pasangan non-Katolik boleh mengikuti WeekEnd ME. Sampai saat ini diantara yang telah ikut dalam WeekEnd ME ada pula pasutri non-Katolik.

Bagaimana ME memperbaiki hubungan perkawinan ?

Dalam suatu perkawinan ada saatnya kita dan pasangan kita menganggap bahwa hubungan pasutri adalah suatu hal yang biasa. Dalam WeekEnd ME pasutri akan menemukan waktu yang tepat untuk mendapatkan sesuatu yang lebih dalam arti perkawinan yang sebenarnya, yakni:
  • Kesempatan untuk lepas dari rutinitas.
  • Kesempatan untuk melihat lebih dekat dalam perkawinan.
  • Suasana dibuat bagi pasutri untuk lebih menggali masa-masa penting dalam menjalankan kehidupan bersama-sama dengan rasa cinta dan pengertian.
  • Pasutri akan diberikan pandangan, alat dan kebercayaan diri untuk meningkatkan kualitas perkawinan dan mempererat perasaan cinta terhadap pasangan.
Banyak pasutri yang telah mengikuti WeekEnd ME menyatakan: WeekEnd ME adalah pengalaman yang paling berkesan dalam kehidupan mereka.

Apakah Weekend ME mempengaruhi kerahasiaan pribadi (privacy) pasutri ?

Privacy pasutri akan dihormati, mereka akan mempunyai ruang dan waktu untuk lebih mengenal pasangannya secara pribadi dengan teknik komunikasi yang telah mereka pelajari dalam WeekEnd ME yang dialami saat itu. Dalam hal ini tidak ada kelompok diskusi agar privacy suami / istri tetap terjaga.

Berapa lama pelaksanaan Weekend ?

WeekEnd ME dimulai pada Jum’at sore sampai dengan hari Minggu sore, dan ditutup dengan Perayaan Ekaristi.

Biaya yang dibebankan kepada para peserta hanya biaya pengganti untuk rumah retret dimana WeekEnd ME diselenggarakan selama 3 hari 2 malam.
Hingga saat ini belum ada peserta yang ditolak mengikuti WeekEnd ME hanya karena masalah keterbatasan dana. ME terbuka untuk memberi secara sukarela, dan semua diterima dengan senang hati.

Anda tidak dapat menemukan jawabannya disini?

Silakan hubungi kami untuk pertanyaan atau informasi lebih lanjut mengenai ME dengan cara klik tombol dibawah ini.

Hubungi Kami